7 Cara Membuat Lovebird Ngekek Panjang

Cara Membuat Lovebird Ngekek Panjang

Membuat burung lovebird bisa ngekek panjang, memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi jika Anda memiliki jenis yang pendiam, akan butuh waktu lama untuk membuatnya bisa ngekek. Untungnya, sudah banyak cara membuat lovebird ngekek panjang yang berhasil dipraktekkan pecinta burung. Penasaran?

Cara Membuat Lovebird Ngekek Panjang

Tujuh cara berikut ini sudah membuat banyak burung lovebird punya kemampuan ngekek lebih baik ketimbang sebelumnya. Memang, perlu proses dan ketekunan yang tidak sebentar. Namun ketika Anda berhasil, kepuasannya tidak akan terbayangkan.

Perhatikan Pakan

Cara pertama dengan memastikan asupan gizi yang tepat bagi burung yang berasal dari Afrika ini. Beberapa rekomendasi pakan yang bisa diberikan adalah biji kenari yang mengandung karbohidrat, protein, dan arang. Kandungan ini sangat penting untuk membuat burung lebih sehat.

Anda juga bisa memberinya biji oats sangat penting untuk merelaksasi tubuhnya, sehingga tidak mudah stress karena masalah pencernaan yang sering dialami jenis burung dengan tinggi maksimal 17 sentimeter tersebut.

Selain itu ada juga jagung manis yang merupakan pakan untuk memaksimalkan daya tahan tubuhnya. Sehingga ketika ngekek panjang, burung tersebut memiliki stamina yang maksimal.

Cara Mandi

Mandikan lovebird pagi hari antara pukul 07.00-08.00, fungsinya adalah untuk menjaga kebersihan dan juga menjaga daya tahan tubuh. Apalagi dengan cara mandi disemprot yang akan membuatnya merasa segar dan siap untuk beraktivitas. Usai mandi, lakukan penjemuran hingga pukul 12.00 langsung di bawah sinar matahari.

Stabilkan Gairah

Ketika lovebird sedang dalam masa kawin, gairahnya akan tinggi dan cenderung tidak stabil. Akan sulit untuk membuatnya belajar ngekek panjang, jika kondisi gairahnya tidak distabilkan.

Cara menstabilkan gairahnya adalah, dengan mencarikan pasangan untuk si burung sebagai penyalur gairah seksualnya. Tapi, jangan sembarangan mencari pasangan pilihlah yang benar-benar bisa mengimbangi ngekek panjangnya.

Ketika birahi tinggi dan tersalurkan, maka kondisi fisik lovebird akan benar-benar maksimal dan mampu ngekek panjang bahkan lebih dari satu menit.

Vitamin Tambahan

Selain pemberian pakan yang tepat, Anda juga bisa menyempurnakan asupan gizinya dengan memberi vitamin tambahan. Usahakan untuk memilih vitamin dengan komposisi nutrisi mikro dan makro, multivitamin, mineral, hingga bakteri baik yang bisa menambah stamina lovebird.

Anda juga harus bisa memastikan takaran vitamin diberikan sesuai kondisi burung tersebut, jangan berlebihan karena tidak akan baik untuk membuatnya bisa ngekek panjang.

Belilah vitamin di toko khusus yang menjual pakan dan vitamin burung, pastikan pakan yang dipilih memang untuk lovebird. Sebab, beda burung akan beda jenis vitaminnya. Salah sedikit saja, akan sangat berdampak pada tubuh si burung.

Ruang Berlatih

Untuk membiasakan lovebird ngekek panjang pada arena lomba, Anda bisa membuat ruang latihan khusus yang didesain mirip dengan arena lomba. Bila memungkinkan ajak pecinta lovebird lainnya untuk latihan bersama. Sehingga burung tersebut bisa terbiasa untuk ngekek panjang saat lomba yang sebenarnya berlangsung.

Master Suara

Ini bisa diterapkan untuk lovebird yang cenderung pendiam, caranya dengan pemasteran dengan burung yang sudah memiliki suara merdu dan bisa ngekek panjang. Cara ini bisa dilakukan sejak usia lovebird masih belia, dengan memperdengarkan suara burung lain.

Contohnya suara dari burung Tengkek Buto, Belalang Kecek, Kenari, Cililin, atau Cucak Jenggot. Bisa melalui kaset yang sudah direkam, HP, atau radio khusus. Durasi memperdengarkan suara tersebut tergantung kondisi burung lovebird Anda. Lebih sering akan lebih baik untuk mempercepatnya bisa ngekek panjang.

Pengembunan

Cara ini bisa dilakukan, dengan membiarkan burung tersebut terkena embun pada tengah malam sekitar dua jam. Bisa juga ketika menjelang subuh, dimana embun mulai turun dan bisa membantu prosesnya lebih mudah ngekek panjang.

Setelah pengembunan, jangan langsung dimandikan, tunggu beberapa waktu hingga embun kering. Lanjutkan dengan mandi dan mengeringkannya di bawah sinar matahari.

Kenali Juga Ciri Lovebird yang Bisa Ngekek Panjang

Sebenarnya sebelum melatih lovebird atau burung cinta untuk bisa ngekek panjang, Anda sudah bisa mengenalinya sebelum membeli. Jadi, setelah dipelihara Anda tak perlu terlalu susah untuk menerapkan cara agar si burung bisa menang lomba dengan suaranya yang lebih merdu.

Suara

Walaupun belum bisa ngekek panjang dengan sempurna, kemampuan ngekek lovebird sudah bisa terlihat saat masih belia. Memang belum semaksimal lovebird dewasa tapi sudah cukup indah dan membuat takjub. Biasanya burung ini sudah bisa ngekek durasi pendek dan jeda sesaat sebelum lanjut ngekek kembali.

Kepala

Ciri kepalanya adalah, bagan belakang terlihat membulat sedangkan pada bagian depan lebih rata atau pilih. Kondisi kepala ini juga terlihat proporsional ketika dibandingkan dengan ukuran tubuhnya, tidak terlalu kecil atau terlalu besar.

Tubuh

Burung dengan kemampuan ngekek panjang biasanya memiliki tubuh ideal. Panjang dan bobotnya proporsional jika dibandingkan dengan burung yang tak bisa ngekek. Anda bisa memperhatikannya ketika sedang berkerumun dengan burung lain, dimana tubuhnya akan terlihat lebih indah dari yang lain.

Karakter

Coba cek cengkraman burung di tangan Anda, jika kuat dan keras itulah indikasi si burung memiliki kemampuan ngekek panjang. Selain itu, burung ini juga memiliki kelincahan maksimal saat beraktivitas di dalam kandangnya.

Ekor

Lihat ekor dari lovebird yang akan Anda beli, apakah melengkung ke depan atau ke bawah. Jika benar, itu tandanya si burung mampu ngekek panjang dan siap diajarkan untuk memiliki kemampuan bersuara indah lebih maksimal.

Sudah siap untuk memiliki burung lovebird calon juara lomba? Tinggal menerapkan cara membuat lovebird ngekek panjang, sampai Anda melihat sendiri bagaimana perubahan yang akan terjadi pada burung kesayangan. Selamat mencoba.

You May Also Like

About the Author: Dewi Anjani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *