Apa Itu IMEI dan Fungsinya

apa itu imei dan fungsinya

Pertanyaan apa itu IMEI tidak lepas dari kabar bahwa pemerintah akan memblokir ponsel yang nomor IMEI-nya tidak terdaftar di Kemenprin.

Seperti yang kita tahu, Indonesia merupakan salah satu pasar ‘gurih’¬†bagi para penjual ponsel black market.

Mereka menjual ponsel-ponsel secara ilegal dan tentunya tidak membayar pajak kepada pemerintah. Tentu ini merugikan baik untuk pemerintah maupun konsumen karena ponsel yang mereka beli tidak ada jaminan garansi.

Untuk itulah, pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk mengatasi masalah ini dengan cara memblokir ponsel-ponsel black market yang tidak memiliki nomor IMEI.

Apa Itu IMEI

IMEI atau International Mobile Equipment Identity merupakan nomor identitas yang dikeluarkan oleh Asosiasi GSM (GSMA) untuk setiap slot kartu SIM yang di produksi oleh produsen smartphone.

IMEI serupa dengan MEID untuk perangkat yang menggunakan kartu CDMA.

Gampangnya, nomor IMEI adalah identitas dari perangkat. Karena sebuah identitas, maka tiap perangkat akan memiliki nomor IMEI yang berbeda-beda. Biasanya IMEI terdiri dari 14-15 digit angka.

Pada ponsel yang memiliki SIM ganda, akan memiliki dua nomor IMEI yang berbeda.

Fungsi IMEI

Meskipun hanya berupa angka, namun nomor IMEI memiliki fungsi yang sangat penting. Beberapa fungsi tersebut antara lain:

1#. Sebagai identitas ponsel

apa itu imei

 

Sebagai nomor identitas, nomor IMEI tidak akan hilang atau berubah meskipun sudah direset sekalipun.

Untuk melihat informasi ponsel, kita bisa menggunakan nomor IMEI kemudian mengeceknya di situs www.imei.info.

Caranya juga sangat mudah, kamu cukup masukan nomor IMEI ponsel pada kolom kemudian klik check imei.

Selanjutnya situs akan menampilkan informasi ponsel yang kamu pakai.

2#.Cek garansi ponsel

Fungsi lain dari IMEI adalah untuk melihat masa garansi. Fungsi ini menjadi sangat penting ketika kamu mau membeli ponsel bekas atau membeli secara online.

Sehingga kamu tahu apakah ponsel yang akan dibeli masih memiliki garansi atau tidak. Untuk melihat garansinya sama dengan mengunjungi situs https://www.imei.info/ kemudian masukan IMEI dan klik pada check warranty.

3#. Cek keaslian ponsel

Fungsi ketiga dari nomor IMEI adalah untuk melihat keaslian ponsel. Seperti yang kita tahu, orang-orang Indonesia memiliki tingkat kreatifitas yang tinggi. Ini dibuktikan dengan banyaknya hp-hp palsu yang menyerupai hp asli.

Misalnya pada HPSamsung yang memang banyak sekali replikanya. Kalau tidak jeli, maka kita akan mudah sekali tertipu ketika mau membelinya.

Karena jika hanya dilihat dari bodi fisik, tidak ada perbedaan yang mencolok. Semuanya hampir sama dengan aslinya. Untuk itu, perlu dilakukan pengecekan dengan teliti. Lebih lengkap bisa kamu baca di cara cek HP Samsung.

4#. Untuk melacak ponsel yang hilang

Di beberapa negara maju, fungsi IMEI tidak hanya sebatas sebagai identitas. Lebih dari itu, nomor IMEI bisa digunakan untuk melacak keberadaan ponsel yang hilang entah karena jatuh ataupun dicuri.

Di Indonesia sendiri kemungkinan bisa dengan meminta bantuan aparat kepolisian. yang berwenang.

Nah, itulah penjelasan dari apa itu IMEI dan fungsinya yang perlu kamu ketahui. Dengan memahami lebih dalam tentang IMEI ini, diharapkan kamu tidak abai lagi terhadap nomor IMEI pada ponsel yang digunakan.

You May Also Like

About the Author: Dewi Anjani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *