5 Tips Mudah Merawat Taman Rumah Menjadi Lebih Asri

girl wearing white floral dress beside grass plant at daytime

Merawat taman rumah adalah kegiatan positif, bermanfaat dan meningkatkan kreativitas. Dengan aktivitas ini Anda bisa menurunkan gejala stres dan depresi, memperkuat daya ingat, meningkatkan kreatifitas dan beberapa manfaat lainnya.

Namun, memelihara taman memang membutuhkan konsistensi, perawatan, kerja keras, dan ketekunan. Sayangnya, jadwal yang sibuk menghalangi kita untuk merawat tanaman taman rumah kita. Senin sampai jumat harus berjibaku dengan pekerjaan yang melelahkan.

Berapa jam yang Anda curahkan untuk merawat taman rumah Anda? Mungkin sulit untuk memenuhi tugas berkebun saat Anda lelah setelah bekerja selama 5 hari.

Jadi, bagaimana Anda bisa memelihara taman rumah yang sehat dan asri dengan sedikit usaha? Yang perlu Anda lakukan adalah menjadwal tugas-tugas pemeliharaan, pemangkasan, penyiraman, dan penyiangan.

Di bawah ini Anda dapat menemukan beberapa panduan untuk membantu Anda dalam memelihara taman rumah yang sehat:

1. Meringkas Jadwal Penyiraman Tanaman

Bertentangan dengan apa yang kebanyakan orang pikirkan, tempat tidur berbunga membutuhkan penyiraman sekali atau dua kali seminggu untuk memastikan semua tempat lembab dan terhidrasi dengan baik. 

Yang terbaik adalah memenuhi kebutuhan penyiraman Anda di pagi hari atau sore hari. Tanah adalah yang paling dingin pada jam-jam ini karena penyiraman saat panas hanya akan menyebabkan penguapan dan menyebabkan tanaman menjadi layu.

Anda dapat mencegah pembentukan jamur dengan menghindari penyiraman pucuk dan daun tanaman. Jika Anda selalu bepergian pertimbangkan untuk memasang sistem irigasi. Anda dapat menghemat dengan sistem kontrol air yang mengatur kelembaban dan memelihara kesuburan tanah.

2. Merapikan Ranting Pohon

Cabang-cabang yang bengkok dan semak-semak yang tidak rata tidak hanya merusak daya tarik estetika taman Anda, tetapi juga menghambat pertumbuhan. Memangkas dan memangkas pohon sangat penting untuk menjaga taman yang sehat dan menjadikan pohon Anda tumbuh subur. 

Pemangkasan dahan bahkan lebih penting untuk pohon berbunga dan berbuah. Jika Anda tidak dapat mengelola tugas ini sendiri, Anda dapat menemukan banyak profesional di sekitar Anda untuk tugas ini.

Cabang dan semak-semak liar dapat menciptakan bahaya keamanan di sekitar taman Anda. Pastikan semak dan pohon Anda dipangkas setiap musim untuk mendorong pertumbuhan yang sehat dan menjaga keindahan.

3. Perlindungan Matahari

Sangat penting untuk melindungi taman halaman rumah minimalis Anda, bunga, dan pohon dari cuaca panas. Suhu hangat memang mendorong pertumbuhan dan persemaian yang sehat, tetapi suhu di atas 30°C akan membahayakan tanaman Anda. 

Tanaman dan bunga sering layu dan mati ketika panas mulai turun. Pastikan untuk melindungi tanaman dan halaman Anda dari sinar matahari dan menjaga tanah tetap lembab untuk mencegahnya mengering.

4. Perhatikan Penggunaan Kompos Untuk Pupuk

Penting untuk mengetahui pentingnya sampah halaman yang dijadikan kompos sepenuhnya. Soalnya, tidak semua bahan dalam tumpukan kompos akan terurai dengan kecepatan dalam waktu yang sama. 

Sangat penting untuk menambahkan bahan yang telah terdegradasi secara efektif dan akan menambah nutrisi ke taman rumah Anda. Jika kompos Anda termasuk puing-puing yang terinfeksi atau sisa-sisa tanaman yang terinfeksi, itu dapat membuat seluruh kebun Anda terkena penyakit yang mengerikan.

Jika Anda tidak yakin dengan pengomposan tumpukan sampah organik, sebaiknya hindari menggunakannya. Kebanyakan tukang kebun menggunakan sampah halaman di tumpukan kompos mereka, yang bisa berbahaya bagi tanaman dan buah-buahan sensitif.

5. Menghilangkan Gulma

merawat taman rumah
Menghilangkan gulma saat merawat taman rumah. Photo by Binyamin Mellish on Pexels.com

Menggunakan mulsa di kebun rumah Anda dapat membantu Anda mencegah benih gulma tumbuh dan merusak hamparan bunga Anda. Ini juga ide yang ideal untuk meminimalkan ruang antara tanaman dan hamparan bunga untuk mencegah gulma tumbuh. 

Saat menghilangkan gulma, sangat penting untuk menghilangkan sumbernya menggunakan sekop penyiangan untuk menyerang akar. Jika kemudian hari gulma masih tumbuh Anda bisa menggunakan pestisida untuk membasmi sampai akar rumput.

Kesimpulan

Mengelola taman rumah tidak sesulit kelihatannya, bukan? Ini semua tentang menjadwalkan semua tugas vital Anda dan meluangkan waktu ekstra untuk berkebun selama akhir pekan. Ini akan membantu untuk melakukan uji tanah melalui agen penyuluhan lokal. 

Tes kelembaban dan juga kadar garam tanah akan membantu Anda memperoleh informasi penting tentang kebutuhan nutrisi tanah Anda. Dengan mengetahui apa yang dibutuhkan tanah akan membuat Anda lebih mudah untuk merawat taman rumah.

Ingin mengetahui tips seputar perawatan rumah silahkan kunjungi rumahartistik.com

You May Also Like

About the Author: Dewi Anjani

Leave a Reply

Your email address will not be published.