Pengertian Printer dan Fungsinya Secara Lengkap

Pengertian Printer

Jika membahas tentang komputer, tentu ada banyak sekali perangkat atau piranti yang dipasang di dalamnya, salah satunya adalah printer. Lalu apa pengertian printer sebenarnya? Printer pada dasarnya merupakan sebuah alat yang memiliki fungsi untuk mencetak dokumen dari komputer.

Perangkat elektronik yang satu ini sudah umum bagi masyarakat di Indonesia, khususnya di kalangan pelajar atau pekerja. Supaya lebih jelas, bisa langsung simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Pengertian Printer

Printer diambil dari kata Print, yang dimana dalam bahasa Indonesia memiliki arti cetak. Dari sini sudah bisa diketahui bahwa fungsi printer adalah untuk mencetak.

Sedangkan pengertian printer secara umum adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk mencetak objek digital dalam bentuk hardcopy. Objek digital dalam hal ini bisa berupa gambar, tulisan, dan lain sebagainya. Perangkat ini pada umumnya menghasilkan cetakan dengan warna hitam putih.

Selain itu, jika diisi dengan tinta kartij maka bisa menghasilkan cetakan yang berwarna. Untuk penggunaanya sendiri cukup mudah, yaitu tinggal dihubungkan dengan perangkat seperti komputer atau laptop.

5 Fungsi Printer

Setelah memahami pengertian printer, berikut ini akan dijelaskan beragam fungsi printer secara spesifik yang bisa mempermudah kegiatan, yaitu:

1. Mencetak Gambar

Printer biasa atau yang biasa disebut desktop printer sudah bisa diandalkan untuk mencetak gambar atau foto yang berkualitas. Printer yang digunakan adalah printer berwarna yang memiliki resolusi tinggi.

2. Mencetak Spanduk dan Banner

Sekarang ini sudah dikembangkan sebuah mesin dengan ukuran besar yang bisa digunakan untuk mendukung percetakan di berbagai media, yaitu plotter. Printer dengan ukuran besar ini mempunyai kemampuan untuk mencetak dengan resolusi tinggi.

Printer semacam ini biasanya digunakan di percetakan besar yang menyediakan jasa percetakan banner, poster, ataupun spanduk.

3. Mencetak Sablon

Selain untuk kebutuhan percetakan di media kertas ataupun media akrilik, printer ternyata juga banyak digunakan untuk melakukan pencetakan di media lain. Beberapa contohnya adalah media kain, media kaca, dan lain sebagainya.

Ya, sablon sekarang ini sudah semakin berkembang dengan mudah. Hanya dengan perangkat berupa printer, maka bisa memproduksi kaos dengan beragam motif menarik sesuai dengan keinginan.

4. Mencetak Dokumen

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa fungsi utama printer adalah untuk mencetak dokumen. Adapun jenis dokumen yang dicetak menggunakan printer adalah makalah, surat, naskah, dan dokumen yang lainnya.

Dokumen tersebut awalnya memang dibuat dalam komputer menggunakan Microsoft Word ataupun Microsoft Excel, lalu dicetak hingga berubah menjadi hard copy atau dalam bentuk fisik.

5. Scanner

Selama ini printer hanya diketahui sebagai alat untuk mencetak saja. Padahal printer sudah berkembang hingga bisa digunakan sebagai alat scanner atau untuk pemindai kertas.

Kombinasi dari kedua fungsi ini memang sangat menarik dan banyak digunakan di beberapa instansi seperti perkantoran, pendidikan, rumah sakit dan lainnya.

Nah, itu dia sedikit pembahasan mengenai pengertian printer dan fungsinya secara lengkap. Printer pada dasarnya beragam dokumen dan melakukan scanning sehingga keberadaannya selalu dibutuhkan. 

Untuk mendapat informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi situs https://gawainesia.com

You May Also Like

About the Author: Dewi Anjani

Leave a Reply

Your email address will not be published.