Mari Kenali Teknik Linear Dalam Menggambar

Seperti yang sudah diketahui, bahwa menggambar merupakan suatu kegiatan yang bisa dilakukan kapanpun. Terlebih lagi, ketika mempunyai waktu senggang. Namun, apakah Anda tahu kalau dalam prosesnya terdapat berbagai jenis metode seperti teknik linear.

Apa yang Dimaksud dengan Teknik Linear?

Sebenarnya metode linear dalam menggambar dapat didefinisikan sebagai sebuah cara. Teknik ini biasanya diterapkan untuk membuat sebuah gambar menggunakan garis. Nah, goresan tersebut merupakan unsur utama dan bisa berbentuk lurus maupun melengkung.

Disini, Anda akan diajak untuk membuat beragam garis lurus dan melengkung. Tetapi, ketebalan pada setiap objek tersebut disesuaikan dengan keinginan. Seperti contoh, ketika ingin membuat kesan gelap maka akan goresannya dipertebal. Begitupun sebaliknya, jika mau yang teras. Maka, harus dipertipis.

Dalam teknik menggambar yang satu ini, akan dianjurkan untuk menggunakan pensil. Karena sebagian besar inidividu beranggapan bahwa penggunaan alat tulis tersebut mempermudah Anda saat membuat goresan atau garis. Selain itu, objek gambar yang akan diarsir pun tidak terlalu rumit.

Bagaimana Ciri-Ciri atau Karakteristik dari Metode ini?

Setelah memperoleh pengetahuan terkait definisi dari teknik linear, tentu sudah mampu memberikan gambaran umumnya, benar bukan?. Nah, sekarang untuk menambahkan wawasan tambahan tentang metode tersebut. Kali ini, Anda akan dihadapkan dengan penjelasan mengenai karakeristiknya. Yuk simak ulasan berikut.

1. Metode InI Didominasi Unsur Garis

Seperti pada pembahasan sebelumnya, di dalam metode ini Anda hanya akan membuat berbagai bentuk garis. Ada yang bentuknya melengkung, bahkan juga lurus. Nah, dari sini dapat disimpulkan bahwa pada teknik linear lebih didominasi oleh unsur goresan berupa garisan.

Disamping itu, setiap garis dibuat menggunakan metode linear biasanya disatukan sampai bisa menciptakan sebuah objek. Nah, inilah yang menjadi perbedaan antara teknilk ini dengan arsiran. Dimana bagian tertentu diisi oleh goresan supaya memberikan efek yang lebih nyata.

2. Metode Ini Mampu Membuat Gambar Anda Seperti Nyata

Beralih ke pembahasan kedua, yaitu metode linear bisa membuat sebuah gambar tampak seperti nyata. Tidak jauh berbeda dengan teknik arsi yang memberikan kesan real melalui goresan buatannya. Disini pun seperti itu, hanya saja efek tersebut muncul sebab didominasi oleh beragam garisan.

Tidak hanya itu, dalam memberikan efek nyata atau membuat sebuah gambar terlihat seperti real. Metode ini menerapkan teknik tebal serta tipis. Artinya, ketika Anda hendak membuat gradasi. Maka, bisa dilakukan melalui penebalan pada garis yang telah dibuat sebelumnya.

3. Metode Ini Hanya Menampung Bentuk Garis Lurus dan Melengkung

Beranjak dari pembahasan kedua, penjelasan kali ini akan membahas mengenai karakteristik metode linear yang ketiga. Sejak awal sudah ditegaskan bahwa dalam teknik ini hanya terbuat dari unsur garis. Dimana goretannya hanya ada dua (2) jenis. Inilah yang menjadi karakter utamanya.

Seperti pembahasan diatas, terkait dua jenis garis dalam metode ini yaitu melengkung serta lurus. Hal tersebut merupakan pembeda utama teknik linear dengan arsiran. Sebab, dalam arsir, Anda bisa membuat beragam bentuk goretan. Ada yang melingkar, menyilang, sejajar dan lainnya. Kurang lebih itu tadi pembahasan yang disajikan secara ringkas dan jelas. Penjabarannya sendiri terkait dengan definisi, sifat atau karakteristik dari teknik linear. Anda diharapkan mampu memahami penjelasan ini. Sebab, ketika menggambar objek akan membutuhkan metode tertentu.

You May Also Like

About the Author: Dewi Anjani

Leave a Reply

Your email address will not be published.