Tips Ampuh Cara Menjinakkan Burung Merpati

Tips Ampuh Cara Menjinakkan Burung Merpati

Cara menjinakkan burung merpati liar sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Dengan menggunakan pakan atau pasangannya.

Maka burung merpati sudah dapat dijinakkan. Ada pepatah lama menyebutkan “jinak-jinak burung merpati”. Dahulu, orang menangkap merpati memang cukup sulit. Hanya terlihat jinak di luarnya tetapi ketika didekati dia akan terbang dengan mudah.

Burung merpati atau burung dara banyak dipelihara oleh masyarakat untuk dikonsumsi, balap, hias, atau dijadikan burung aduan.

Bahkan saat ini banyak orang memelihara burung ini untuk dapat dijual kembali dan mendatangkan manfaat ekonomi. Peternak merpati juga memelihara burung ini di kawasan perkotaan dengan membuat kandang kecil untuk ditempati.

Selanjutnya burung ini akan selalu diberikan pakan setiap hari seperti jagung, beras, dan biji-bijian lainnya. Sesekali biasanya pemiliknya akan melepas burung tersebut dengan diterbangkan ke udara. Meski begitu, apabila telah jinak, burung tersebut akan kembali kepada pemiliknya. Sebenarnya burung merpati merupakan spesies yang cukup mudah dijinakkan.

Cara Menjinakkan Burung Merpati

Tips Ampuh Cara Menjinakkan Burung Merpati

Menjinakkan burung merpati tidaklah sulit apabila seseorang telah mengetahui tips dan triknya. Menurut beberapa pengalaman, menjinakkan merpati jantan akan lebih mudah dilakukan daripada merpati betina.

Merpati betina yang liar akan sulit dipegang dan biasanya berontak dengan mengepakkan sayapnya. Hal ini biasanya juga menulari merpati jantan sehingga mereka bisa bertingkah liar.

Merpati dapat dijinakkan dengan pakan apabila si pemilik memberikan pakan langsung dari tangan. Akan tetapi tipe ini akan kembali liar dan galak saat sudah kenyang atau tidak diberi makan.

Ada juga tipe merpati yang dapat dijinakkan dengan pasangan. Biasanya peternak akan terlebih dahulu menjinakkan merpati betina. Secara otomatis merpati jantan akan mengikuti hal betinanya dan menjadi jinak dengan sendirinya.

Beberapa tips untuk dapat menjinakkan merpati diantaranya:

Sering dipegang dengan tangan dan didekati.

Peternak yang memelihara burung ini ada baiknya memegang burung secara berkala sehingga mereka tidak takut lagi kepada manusia. Apabila sering dipegang dan didekati mereka akan menjadi mudah jinak. Saat mendekati merpati yang liar jangan membuat gerakan secara tiba-tiba tetapi mengendaplah secara perlahan. Gerakan yang tiba-tiba akan membuat mereka menjadi kaget dan semakin liar.

Mengurung di kandang.

Sebenarnya merpati merupakan hewan liar yang dapat hidup dengan sendirinya. Beberapa taman kota menyediakan rumah kayu untuk merpati bersarang secara liar. Meski terkadang beberapa pengunjung datang dan memberikan mereka makanan, tetapi secara umum mereka tidak dipelihara oleh manusia. Meskipun tumbuh liar, mereka biasa makan makanan yang diberikan oleh manusia.

Terlebih lagi apabila merpati yang Anda miliki di tempatkan di dalam kandang. Dengan kontak yang semakin erat dan sering dipegang atau diberikan pakan maka merpati akan semakin jinak.

Mandikan merpati.

Burung merpati liar senang mandi ke mata air atau sungai untuk membasahi tubuhnya. Terlebih lagi pada cuaca panas. Mereka mencari sumber air untuk minum sekaligus juga mandi. Apabila Anda memiliki merpati liar yang baru ditangkap maka dapat dijinakkan dengan memandikan mereka.

Pertama mandikan merpati liar tersebut hingga bulunya basah kuyup. Anda dapat memasukkannya ke dalam ember hingga mereka benar-benar basah. Setelah basah, bawa merpati tersebut untuk berjemur sambil dipegang dengan tangan. Apabila sering melakukan kegiatan ini maka burung merpati bisa cepat jinak.

Gunakan indukan yang jinak.

Apabila beternak merpati maka gunakanlah indukan yang sudah jinak sehingga akan lebih mudah memegang anaknya sejak mereka kecil. Anakan yang dipegang sejak masih kecil akan sangat terbiasa dengan kehadiran manusia karena mengenali bau.

Atur pola makan.

Saat memberikan pakan kepada merpati yang liar, terlebih dahulu tebarkan di tanah dan dekati secara perlahan. Apabila mereka sudah mulai terbiasa dengan kehadiran manusia, maka dapat mencoba dengan memberikan diletakkan pada tangan.

Apabila mereka sudah mau makan dari tangan Anda, maka tangkap perlahan dan lakukan hal tersebut setiap hari hingga mereka terbiasa dengan manusia. Mereka akan menyadari bahwa manusia yang memberikan makanan kepada mereka bukanlah ancaman sehingga dapat percaya kepada kita.

Baca Juga: 7 Cara Membuat Lovebird Ngekek Panjang

Mengenal Burung Merpati

Burung ini merupakan salah satu jenis burung yang jinak, dan ada hampir di seluruh belahan dunia. Dalam klasifikasi ilmiah, spesies ini termasuk dalam Columbidae dengan jumlah sekitar 300 jenis burung pekicau. Ukuran kepala merpati relatif  kecil daripada badannya yang cenderung gemuk.

Paruhnya pendek dengan tekstur keras. Warna paruh juga beragam seperti hitam, kecoklatan tergantung kepada jenisnya. Warna matanya adalah oranye kemerahan dengan lapisan kulit yang mengelilinginya.

Panjang tubuhnya sekitar 10-15 cm dengan warna beragam seperti coklat, hitam, putih, biru,  hijau, dan berbagai warna kombinasi lainnya.

Awalnya populasi burung ini banyak tinggal di pinggir pantai,. Akan tetapi seiring perkembangannya, manusia di perkotaan juga memelihara mereka karena banyak manfaatnya.

Maka dari itulah perkembangan burung ini sangat pesat di seluruh wilayah di dunia.

Urung ini termasuk burung yang sangat setia pada satu pasangannya. Apabila sudah masuk waktu-waktu atau masa bertelur, nanti merpati jantan akan merayu merpati betina.

Caranya dengan menggembungkan tembolok, juga melebarkan bulu, mengepakkan sayapnya. Sesudahnya membuat sarang dari bahan ranting pohon juga alang-alang kering.

Itulah beberapa tips dan sedikit pengenalan tentang burung merpati. Apabila Anda ingin beternak merpati harus mengetahui siklus hidupnya dan juga cara menjinakkannya. Setelah mengenal burung merpati dengan lebih seksama dan cara menjinakkan burung merpati,  maka proses memelihara burung ini akan semakin mudah.

You May Also Like

About the Author: Dewi Anjani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *